Skip to main content

follow us

58+ Kumpulan Kata Mutiara Islami Kehidupan Terbaru

Kumpulan Kata Mutiara Islami Kehidupan Terbaru – Yang namanya hidup pasti ada yang namanya susah dan senang, mereka berdua selalu berdampingan dari sebuah Kehidupan seseorang.
Ada kalanya kita susah saat menjalani kehidupan ini, namun semua itu tidaklah selamanya seperti itu, kitapun akan merasakan yang namanya senang. Karena Kehidupan itu bagaikan Roda yang berputar, ada saatnya kita di bawah ( susah ), dan ada saatnya kita berada di atas ( senang ), namun hal yang terpenting dari semua itu adalah Di jalani dengan Iklas dan Sabar, insya allah kita akan mudah menghadapinya dan ingatlah bahwa Allah swt tidak akan menguji hambanya melebihi batas kemampuannya.

Karena Hidup hanya ada 2 sisi berbeda yaitu Penderitaan ( susah ) dan Kebahagian ( senang ), namun dari situlah kita belajar menjadi kuat dan tegar, karena hidup itu membutuhkan perjuangan, karena tidak ada satu hal pun yang bisa sukses tanpa sebuah perjuangan.

Oh iya, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan kumpulan kata – kata Mutiara Islami Kehidupan yang insya allah, dapat memotivasi kalian untuk bangkit dan semangat terus dan juga dapat di jadikan status di media sosial..
Berikut di bawah ini kata – katanya...

Kata Mutiara Kehidupan Islami

Air yang lembut dapat mempersatukan bahan besi, semen, kerikil, pasir hingga jadi beton yang kokoh. Benar-benar kelembutan hatilah yang akan dapat mempersatukan.

Akan ada waktu hati jadi sedih dan gelisah. Janganlah biarkan larut dan mencuri hidup kita, bangkitlah, sibuklah, bergaulah dengan orang yang manfaat dan banyaklah berzikir.

Berani hidup mesti berani menghadapi problem, janganlah takut dan janganlah gentar, hadapi dengan benar dan tawakal, sebab tiap-tiap problem telah diukur allah cocok kekuatan kita.

Hati manusia berubah-ubah, saat ini marah barangkali besok lusa telah reda apalagi barangkali lebih sayang pada kita, oleh sebab itu janganlah mendendam atau benci ber-kepanjangan.

Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah di usahakannya.”(Qs An Najm : 39)
Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.(Ali bin Husein)

Apa yang membedakan Kita dengan orang lain yang sukses? Jawabannya karena Kita tidak mengerjakan apa yang orang sukses kerjakan.
Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti datang, dan kamu sekali-kali tidak sanggup menolaknya. (QS.6:134)

Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan 3 hal, yaitu : KEPERCAYAN, CINTA dan RASA HORMAT (Sayidina Ali bin Abi Thalib)
Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua jum'at. (HR. Hakim)

Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang bertakwa, yang merasa cukup, dan yang rajin beribadah dengan diam-diam. (HR. Muslim)
Barang siapa tdk merasakan pahitnya belajar, ia kan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya. (Imam Syafi'i)
“Dengan kesabaran, kami dapat merasakan nikmatnya kehidupan." ( Umar bin al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu)

Kamu bisa memilih ingin bahagia atau sedih, dan apa yg kamu pilih itulah yg akn km dapatkan
Ada 3 pusaka kebajikan yaitu; merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah, dan merahasiakan sedekah. (HR. Tabrani)

Ketika kamu merasa pedulimu tak pernah dihargai, ketahuilah bahwa kamu tengah belajar tentang KETULUSAN HATI.
Hanya karena mimpimu tertunda, tak berarti Tuhan menolaknya. Semua akan indah pada waktunya. PERCAYA!


Ya Tuhan kami, ampunilah dosa2 &kesalahan kami dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yg banyak berbakti (QS 3:193)

Tiket ke surga Insya Allah dari taat beribadah,mau membantu sesama dan yg bisa menjaga perilaku serta perkataannya.

Semua perbuatan itu tergantung dari niatnya.” (HR Bukhari dan Muslim)
Masalah yang datang menyapa bukan untuk menjatuhkan, tetapi untuk menguji seberapa mampu kamu bertahan.

Kebahagiaan tidak akan pernah mendatangi mereka yang tidak menghargai apa yang mereka miliki.

Hati yang bersih akan peka terhadap pengetahuan, apa pun yang dilihat, didengar, dirasakan jadi samudera pengetahuan yang membuatnya semakin bijak, arif dan pas saat menyikapi hidup ini

janganlah takut jadi tua, sebab tentu menua. Namun takutlah tidak jadi dewasa, sebab kedewasaan sikaplah yang jadi jalur kebahagiaan dan kemuliaan.

Keberanian buat mengatakan tidak tahu untuk yang tidak diketahuinya jauh akan lebih menenangkan dan dihormati dari pada senantiasa pingin terlihat serba tahu atau sok tahu

kita tidak mempunyai apa pun dan tidak dimiliki siapapun tak hanya milik allah. Hidup didunia hanya singgah sesaat, melacak bekal untuk pulang dan menunggu waktu maut menjemput.

Komentar spontan kita barangkali sebatas satu patah kata, namun dapat melukai hati dan menyebabkan kebencian mendalam, oleh sebab itu waspadalah walau sebatas sepatah kata.

Konflik umumnya terjadi sebab saya benar dan kamu salah, berilah peluang hati menyebutkan kita benar dan diapun bisa jadi benar, insya allah akan gampang mencari solusi.

Makin pingin menunjukan diri kita supaya diakui, dihormati, lantas makin tertekan, tegang dan melelahkan bathin, dan umumnya semakin tidak disukai.

Orang yang sangat mulia di antara manusia adalah orang yang sangat banyak mengingat mati dan sangat siap menghadapinya dengan bekal amal shalih.

Orang yang sedikit pengetahuan, wawasan dan pengalaman, layaknya yang terbelenggu dan dipenjara oleh keterbatasannya, hidup tidak akan leluasa dan sukar untuk berbahagia.

Rutinitas melemparkan kekeliruan dan tanggungjawab pada orang lain, tak hanya akan menambah problem, bisa juga menjatuhkan kredibilitas, dan menyingkirkan kepercayaan.

Siapapun yang merindukan berhasil, lantas mesti ajukan pertanyaan pada dirinya seberapa jauh dan sungguh-sungguh untuk berjuang, sebab tiada keberhasilan tanpa perjuangan.

Sikap emosional adalah ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana barangkali bisa mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang teratasi.

Tidak butuh menjawab penghinaan dengan penghinaan lagi, cukup jawablah dengan evaluasi diri, gigih melakukan perbaikan diri, dan beri bukti yang tidak terpungkiri.

Tidak jujur adalah penjara, yang buat diri dicekam takut terbongkar, gampang untuk berdusta, nikmat apa pun tidak akan ternikmati, lantas jujur adalah hidup merdeka.

Tidak mungkin semua orang akan menyukai kita — walau kita berbuat baik semaksimal barangkali. Tidak usah aneh dan kecewa, terus saja berbuat yang paling baik, sebab itulah yang kembali pada kita.

Yang penting untuk pimpinan bukan hanya memaksa anggotanya menaati pada perintahnya, namun buat memahami apa yang paling baik yang mesti dikerjakannya dengan penuh kesadaran.


Jangan meminta Tuhan tuk membimbing JALANMU, jika kamu tak bersedia tuk melangkahkan KAKIMU.

Hidup akan lebih mudah jika kamu memutuskan untuk menikmati apa yg kamu miliki daripada menyesali apa yg telah terjadi.

Dalam hidup, apapun yg terjadi, jangan kamu sesali. Karena Hal baik itu kenangan yg indah, dan hal buruk adalah pelajaran berharga.


Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah)Dajjal. (HR.Muslim no. 809)

Perubahan diri manusia bukan saat terpimpa masalah. Tapi karena niatnya. Jangan tunggu dapat masalah kalau mau jadi baik, tapi niatin 🙏
Jangan kita berdo'a saat ingin menyampaikan kesusan kita dan ingin diperbaiki oleh tuhan. Syukiri juga nikmat yg kita dapat saat ini

"Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran." [HR. Ahmad]


Sesungguhnya, ada 2 hal pada dirimu yang dicintai oleh Allah, yaitu lemah lembut dan tidak mudah marah. [HR.Muslim]

Sesungguhnya Allah mencintai hamba-Nya yg bertakwa, selalu merasa cukup, & berusaha memy
embunyikan amalnya. [HR Muslim]

Dan tidak ada satupun makhluk yang berjalan di muka bumi melainkan Allah-lah yang memberi rizekinya. (Huud: 6)

Siapa saja yg mengajak kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yg mngerjakannya [HR Muslim]


Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (QS Al Baqarah: 286)

Gengsi adalah penyakit yang menyesakkan dada, membuat hati tertekan, merasa terhimpit, dunia ini terasa sangat sempit.
Senjata terkuat adalah ketenangan. Kekayaan terbesar adalah kebijaksanaan

Siapa yang tdk pandai mensukuri nikmat yg sedikit maka tidak akan dapat mensyukuri nikmat yg banyak. [HR Musllim]


Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada rupa dan harta kalian, tetapi Allah melihat kepada hati dan amal kalian. [HR. Muslim]

Sholatlah walau terpaksa. Mengajilah walau terpaksa. Bersedekahlah walau terpaksa. Karena lama-lama kita akan jadi biasa.


Setiap orang dari kamu adalah pemimpin& kamu bertanggung jawab terhadap kepemimpinan itu. [HR Bukhari dan Muslim]

Adapun orang2 yg beriman & mengerjakan amalan2 yg saleh, maka Allah akan memberikan pahala pada mereka dengan sempurna (QS. 'Ali`Imran:57)


Jangan meremehkan suatu kebaikan, meski hanya berupa keceriaan wajah ketika kalian bertemu dengan teman kalian(HR Muslim)

Banyak orang bisa melakukan, tapi tak banyak orang bisa untuk menciptakan. 


Jangan sombong, karena Orang miskin dan orang kaya itu derajatnya sama. Sama2 kalau mati di naikan keranda.

Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus. (QS. 'Ali`Imran: 51)


Allah adalah Pelindung bagi semua orang-orang yang beriman. (QS. 'Ali`Imran: 68)

Dengan nama Allah.Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki & perempuan [HR Bukhari]
Cinta kepada manusia akan berpisah, cinta kepada Allah swt akan kekal abadi selamanya

Ya Allah,ampunilah aku,kasihanilah aku,selamatkanlah aku, & berikanlah rezeki kepadaku (HR Muslim)


"Jangan bersedih dan terus bersabar. Allah memberi kita ujian untuk melayakkan kita menjadi hamba yang sebenarnya"

Apabila Rasulullah SAW menemui suatu kesulitan, maka beliau segera mengerjakan sholat.(HR.Abu Dawud)


Ya Tuhan Kami,tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia,Maha suci Engkau,maka peliharalah Kami dari siksa neraka.(QS. Ali ‘Imran: 191)


Telah Kusempurnakan utk km agamamu,& telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku,& telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu(QS. Al Ma’idah: 3)

Shalat malam itu dapat menghidupkan badan, menjadi cahaya bagi hati, menjadi lentera bagi mata, menjadi kekuatan bagi anggota badan.


Sukses adalah kemauan untuk bangun dari kegagalan

Masalalu buruk seseorang bukan alasan untuk menghakiminya dimasa sekarang. 


Lihat kedepan kurung yg dibelakang
Upayakan apapun dengan baik dan jujur agar mendapat kepercayaan. Karena kepercayaan jauh lebih berharga daripada sekadar pujian.


Allah meluaskan rezeki siapa saja yang Ia kehendaki dan menyempitkan (rezeki siapa saja yg Ia kehendaki) (QS.13: 26)

Percaya atau tidak orang yg sukses itu memang sudah mematikan rasa malu,tapi gak pernah malu2in.


Sesuatu yang direncanakan kadang tak berhasil. Tapi sesuatu yang kadang tak direncanakan justru jadi jalan pembuka bagi kelancaran bisnis

Siapa yg memberi kemudahan kepada orang yg dalam kesulitan, maka Allah akan memberikan kemudahan kepadanya di dunia & akhirat.(HR. Muslim)


Jangan bilang dunia adalah laki2 pemimpinnya. Kalau wanita disampingnya belum bisa bahagia

MASA LALU  tidak sepenting MASA DEPAN , jadi lihatnya ke depan dan Move On.


Perbanyaklah istighfar dimanapun kita berada, karena sesungguhnya kita tidak mengetahui kapan turunnya ampunan Allah
Jangan hiraukan orang2 yg berbicara buruk di belakangmu, karena mereka yg bodoh manghabiskan waktunya mencari tentang keburukanmu

Ingatlah kamu kpd-Ku niscaya Aku ingat (pula) kpdmu & brsyukurlah kpd-Ku, jgnlah kamu mengingkari nikmat-Ku. (QS. Al Baqarah:152)


Allah tdk akan pernah salah menentukan takdir hambanya. Mungkin didunia tdk baik bagimu,tapi baik untuk akhiratmu. Sabar Insya Allah

DZIKIR itu penentram qolbu, pelipur lara, teman dlm kesunyian,penuntun menuju kebaikan. Subhanallah


Orang yang paling beruntung di dunia adalah orang yang telah mengembangkan rasa syukur, dalam situasi apapun

Orang mulia itu orang yg mau merendahkan diri dihadapan tuhannya dan menjalankan segalah perintahnya.


Laki2 & perempuan yg banyak menyebut nama Allah,maka Allah menyediakan utk mrk pengampunan dan pahala yg besar (QS Al Ahzaab:35)

Ya Allah tuhan sang pemilik kehidupan.Lindungilah malamku yang gelap dengan keindahan iman&taqwa. 


Sesungguhnya hanya engkaulah maha penolong
Seorang mukmin bukanlah orang yg suka mencela,melaknat, berprasangka buruk, dan mengucapkan ucapan yg kotor (HR Tirmizi)

Yang membuat kita tak bahagia adalah kita terlalu berharap dibahagiakan oleh orang lain.


Paling dekat seorang hamba kepada Robbnya ialah ketika ia bersujud maka perbanyaklah do'a (saat bersujud) (HR Muslim)




Demikianlah, Kumpulan Kata Mutiara Islami Kehidupan Terbaru,yang semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semuanya dan jaga lupa yah ikuti terus perkembangan blog ini, agar kamu dapat melihat artikel – artikel menarik lainnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar